ANALISIS DAMPAK HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PADA JALAN TLOGOSARI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.51135/4hga7d95Keywords:
Hambatan samping, kinerja jalan, volume lalu lintas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan jalanAbstract
Jalan Tlogosari Raya merupakan jalan kolektor yang berada di kawasan komersial padat dengan tingkat aktivitas hambatan samping yang tinggi, seperti keluar-masuk kendaraan ke tempat usaha, parkir tepi jalan, serta lalu lintas pejalan kaki. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menganalisis pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan, dengan mengacu pada parameter volume lalu lintas, derajat kejenuhan (DS), dan tingkat pelayanan jalan (LOS) mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Hambatan samping diklasifikasikan menjadi empat jenis: pejalan kaki (PED), kendaraan berhenti sementara (PSV), kendaraan keluar-masuk area (EEV), dan kendaraan lambat (SMV), dengan aktivitas tertinggi terjadi pada Sabtu sore. Hasil analisis menunjukkan bahwa hambatan samping dapat meningkatkan nilai DS hingga 0,803 (LOS D), sedangkan pada kondisi tanpa hambatan dengan asumsi penyediaan lahan parkir khusus serta penataan pedagang kaki lima ke zona UMKM nilai DS menurun hingga 0,64 menunjukkan peningkatan efisiensi lalu lintas sebesar 20-23%.
Downloads
References
Bernando, A. C. (2018). Pengertian jalan: Definisi jalan menurut UU RI No. 38 Tahun 2004. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
https://e-journal.uajy.ac.id/16328/3/TS157032.pdf
Zulkifli, S., Eka Priana, S., & Hermadona, H. (2021). Analisis pengaruh hambatan samping akibat aktivitas pasar tradisional Lasi terhadap kinerja lalu lintas jalan Kabupaten Agam. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Jalan. Jakarta: Sekretariat Negara
Kusuma Dewi, D., Soemitro, R. A. A., Suprayitno, H., & Budianto, H. (2020). Analisis izin pemanfaatan bagian-bagian jalan nasional di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (Tesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2017). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.
Hudari, A., Surya, A., & Adawiyah, R. (2021). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan pada Ruas Jalan Ujung Murung-Sudimampir Kota Banjarmasin. Jurnal Teknik Sipil, 22(01), Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.
Nangaro, Militya Christi, Lucia I. R. Lefrandt, and James A. Timboeleng. "Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus: Jl. Lembong, Kota Manado)." Jurnal Sipil Statik, vol. 10, no. 1, Jan. 2022, pp. 13–28. ISSN: 2337-6732.
Departemen Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.
Kurniawan, S. (2015). Analisis hambatan samping akibat aktivitas perdagangan modern (Studi kasus: Pada Jalan Brigjen Katamso di Bandar Lampung). TAPAK, 5(1), 1–10.Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Metro.
Supriadi, A. (2020). Pengaruh hambatan samping terhadap tingkat pelayanan ruas Jalan Gajah Mada (Studi kasus: Perempatan depan Kampus UMM Mataram). Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Rayvaldy, & Tinumbia, N. (2023). Analisis hambatan samping terhadap kinerja jalan pada ruas Jalan Ciawi–Puncak. Teknik Sipil, Universitas Pancasila.
Kelurahan Tlogosari Kulon. Geografis dan penduduk. Semarang: Pemerintah Kota Semarang. https://tlogosarikulon.semarangkota.go.id/geografisdanpenduduk
Badan Pusat Stastistik Kota Semarang. 2024. Kota Semarang dalam Angka 2024. https://semarangkota.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/a1c4e17788918ee0a85fe480/kota-semarang-dalam-angka-2024.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faliherdy Muhammad, Audi Juventio, Rachmat Mudiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









