ANALISA LALU LINTAS PADA FLY OVER TOL SEMARANG DEMAK SESI 1B (STUDI KASUS: JALAN RAYA SEMARANG – DEMAK)

Authors

  • Nur Aini Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung
  • Rona Dewi Kamila Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung
  • Rachmat Mudiyono Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung
  • Juny Andry Sulistyo Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.51135/nb1rss22

Keywords:

Kemacetan, Flyover; Jalan Tol, Semarang-Demak, MKJI

Abstract

Salah satu masalah umum yang dihadapi pada jalur Semarang-Demak adalah kemacetan terutama di jalan nasional yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Beberapa faktor penyebabnya yaitu beban kendaraan berat serta kondisi tanah yang tidak stabil, terutama di daerah pesisir yang sering terendam banjir rob. Proyek pembangunan flyover diproyeksikan memberi manfaat finansial dalam jangka panjang melalui peningkatan efisiensi transportasi dan mengurangi biaya operasional kendaraan.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pembangunan flyover pada jalan tol Semarang-Demak terhadap pengurangan kemacetan. Menganalisis kinerja lalu lintas untuk membandingkan derajat kejenuhan sebelum dan sesudah flyover dibangun. Dalam penelitian ini berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).  Hasil penelitian ini pada kondisi eksisting tahun 2018 menunjukkan hasil yang buruk dengan nilai derajat kejenuhan tinggi yaitu 1,3 (LOS F) pada hari Senin, 1,05 (LOS F) pada hari Sabtu, dan 0,93 (LOS E) pada hari Minggu. Kondisi ini memburuk pada tahun 2024 dengan derajat kejenuhan meningkat dari 1,32 (LOS F) pada hari Senin, 1.1 (LOS F) pada hari Sabtu, dan 0,94 (LOS E) pada hari Minggu. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

[2] Direktorat Jenderal Bina Marga. (2023). Pedoman Kapasitas Bina Marga (PKJI).

[3] Ridwan, M. (2018). Studi Kelayakan Pembangunan Underpass/Fly Over pada Jalan Yos Sudarso Simpang Glugur by Pass. Skipsi. Fakultas Teknik. Medan: Universitas Muhmmadiyah Sumatera Utara.

[4] Mudiono, R., & Asfari, G. D. (2021). Kajian Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak Terhadap Kinerja Jalan Raya Kaligawe. Jurnal Planologi,18(1).

[5] Nuryanto, A. G. (2020). Studi Kelayakan Ekonomi dan Lalu Lintas pada Pembangunan Flyover Ganefo Mranggen Demak. [Masters thesis, Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian Intitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya]. Intitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Repository.

[6] Darmadi. (2021). Studi Kelayakan Underpass Canguk, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Teknik Sipil-Arsitektur, 20(2).

[7] Himam, M. K. A. (2022). Analisa Dampak Lalu Lintas dari Pembangunan Fly Over Perlintasan Jalan Rel Kereta Api di Mranggen. Skripsi. Fakultas Teknik. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

[8] Kusumanegara, M. N., & Setiawan, Y. R. (2022). Analisa Dampak Lalu Lintas Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Terhadap Kinerja Jalan Raya Semarang-Demak. Skripsi. Fakultas Teknik. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[8] Morlok, E. (1991) Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

31-07-2025

Issue

Section

Artikel

How to Cite

ANALISA LALU LINTAS PADA FLY OVER TOL SEMARANG DEMAK SESI 1B (STUDI KASUS: JALAN RAYA SEMARANG – DEMAK). (2025). Jurnal Teknik SILITEK, 5(02), 870-877. https://doi.org/10.51135/nb1rss22

Similar Articles

1-10 of 74

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>