PERILAKU ASPHALT CONCRETE WEARING COARSE (AC – WC) DENGAN BAHAN TAMBAH CRUMB RUBBER DAN SERAT BAJA DRAMIX UNTUK PERKERASAN JALAN
DOI:
https://doi.org/10.51135/hheyxj33Keywords:
crumb rubber, dramix, marshall, serat baja, ac-wcAbstract
Jalan aspal di Indonesia memerlukan perawatan atau restorasi untuk mengatasi keausan, retak, lubang dan kerusakan umum lainnya. Penyebab utama kerusakan pada lapisan AC-WC adalah beban berlebih dan cuaca, dimana lapisan ini terletak di atas sehingga bersentuhan langsung dengan beban dan cuaca. Penelitian ini bertujuan untuk menambahkan material baru pada campuran AC-WC, crumb rubber dan serat baja (Dramix) yang diharapkan dapat memenuhi kriteria marshall. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian percobaan (experiment) dengan membuat benda uji dan melakukan pengujian marshall. Benda uji yang dibuat menggunakan komposisi bahan tambah rubber 0%, 2%, 4% dan 6% serta serat baja (Dramix) 1%, 3%, 5% dan 7%. Pada hasil penelitian didapatkan hasil komposisi Job Mix Design material terbaik yaitu pada variasi Crumb Rubber 2% dan Serat Baja Dramix 5% dengan nilai stabilitas 1179 kg dan flow 3,73 mm. Dan pengaruh Asphalt Concrete Wearing Coarse (AC-WC) terhadap kadar aspal optimum dengan hasil yaitu nilai stabilitas pada variasi material Crumb Rubber 0% dan Serat Baja Dramix 0% (normal) sebesar 1033,71 Kg, sedangkan nilai Flow sebesar 2,88 mm. Pada variasi Crumb Rubber 6% dan Serat Baja Dramix 7% sebesar 1135,20 Kg dengan nilai Flow terendah sebesar 2,99 mm.
Downloads
References
[1] Badan Standarisasi Nasional. (2010). “Spesifikasi aspal keras berdasarkan penetrasi.” Spesifikasi aspal keras berdasarkan penetrasi 2.
[2] Badan Standarisasi Nasional. 2011. “Cara uji berat jenis aspal keras, SNI 2441:2011.” Badan Standardisasi Nasional.
[3] Badan Standarisasi Nasional. 2012. “SNI ASTM C136:2012. Metode uji untuk analisis saringan agregat halus dan agregat kasar.” Badan Standardisasi Nasional 1–24.
[4] Bina Marga. 2003. “Metode Pengujian Campuran Beraspal Panas dengan Alat Marshall.” RSNI M-01-2003 1–18.
[5] Budiati, Anik. 2023. “Pengaruh Penambahan Crumb Rubber (Cr) Terhadap Parameter Marshall Pada Campuran Lapis Aspal Beton (LASTON) Untuk Lalu Lintas Sedang.” Inter Tech 1(1):18–21. doi: 10.54732/i.v1i1.1019.
[6] Dwi Sampurno, A., Satyarno, I., & Taufik Mulyono, A. (2019). Pengaruh Serat Baja (Dramix) Terhadap Kuat Lentur Pada Roller Compacted Concrete (Rcc). INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 15(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/inersia.v15i1.24862
[7] Efendri, Eni, Elfidiah, Dian Kharismade, dan Hari Adi Prasetya. 2019. “the Effect of Addition of Palm Kernel Shell Ash and Crumb Rubber Waste on Physical and Mechanical Properties of Grip Rubber Hands.” Jurnal Dinamika Penelitian Industri 30:165–76.
[8] Hidayat, Kurniawan, Tantin Pristyawati, dan Hendramawat Aski Safarizki. 2023. “A Change in the Indeks of Retained Strength in the AC-WC Mixture with the Additional Waste Rubber from Used Tires (Crumb Rubber).” JMPM (Jurnal Material dan Proses Manufaktur) 7(1):10–18. doi: 10.18196/jmpm.v7i1.16911.
[9] Iqbal, dan Miftahul Fauziah. 2023. “Studi Eksperimental Penggunaan Bahan Tambah Limbah Ban Karet dengan Metode Pencampuran Bertahap terhadap Kinerja Campuran Hot Rolled Sheet-Wearing Course.” EJOURNAL UNDIP 44(2):167–75. doi: 10.14710/teknik.v44i2.57565.
[10] Johannes, D., Mangundap, K., Sugiharto, H., & Wijaya, G. B. (2017). Pengaruh penambahan serat baja 4D dramix terhadap kuat tekan, tarik belah, dan lentur pada beton. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 6(2), 40–47.
[11] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2019. “Perancangan dan Pelaksanaan Campuran Beraspal Panas Bergradasi Menerus (Laston) Menggunakan Slag.” Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil (Pd 05-2018-B SE):1–42.
[12] Marga, Direktorat Jenderal Bina. 2018. “Spesifikasi Umum 2018.” Edaran Dirjen Bina Marga Nomor 02/SE/Db/2018 (September):1–1013.
[13] Maulana, R. G., Arrofif, Z., Warsiti, W., Kusdiyono, K., & Risman, R. (2018). Meningkatkan Karakteristik Marshall Dengan Menambah Serbuk Ban Bekas Ke Dalam Campuran Laston AC-WC. Bangun Rekaprima, 4(2), 11. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1197
[14] Mulyani, Sri, Dani Hamdani, Pusat Litbang, dan Jalan Dan Jembatan. 2017. “Teknik Pencampuran Yang Optimal Antara Crumb Rubber Dan Aspal Pen 60/70 (Optimal Mixing Technique of Crumb Rubber and 60/70 Pen Asphalt).” Jurnal Jalan-Jembatan 34(1):8–20.
[15] Sulistyo, Juny Andry. (2023). Perilaku Aspal Wearing Course Terhadap Pengaruh Rendaman Air Pasang (ROB) Dengan Bahan Tambah Polythylene Dan Fine Aggregat Slag. (Disertasi Doktoral, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
[16] Mulyani, Sri, Nono Nono, dan Nyoman Suaryana. 2019. “Kajian Penambahan RejIRE pada Aspal Modifikasi Crumb Rubber serta Kinerjanya pada Campuran Beraspal Panas.” Media Komunikasi Teknik Sipil 24(2):148. doi: 10.14710/mkts.v24i2.18996.
[17] Pangemanan, V. C., Kaseke, O. H., & Manoppo, M. R. E. (2015). Beraspal Panas Terhadap Stabilitas Dan Kelelehan ( Flow ). Sipil Statik, 3(2), 85–90. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jss/article/view/6862%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jss/article/download/6862/6389
[18] Prijantoro, J. P. E., Wallah, S. E., & Dapas, S. O. (2018). Perilaku Mekanis Beton Serat Dengan Kombinasi Kawat Bendrat Dan Dramix 3D. Jurnal Sipil Statik, 6(12), 1129–1136.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Listya Dwi Prastiti, Juny Andry Sulistyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









